Rizky Blog

Rabu, 31 Agustus 2011

Cara Sederhana Mempercepat Modem Dengan Tutup Panci / Wajan


Kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana trik mempercepat koneksi modem(yang berbentuk seperti flashdisk) dengan cara yang sangat sederhana dan lebih aman ketimbang menggunakan software-software yang tidak jelas yang mungkin justru mendatangkan virus ke laptop kita.

Pernah dengar “Wajan Bolic”?. Itu tuh, semacam antena yang terbuat dari wajan, temuan anak bangsa yang bisa mempercepat koneksi internet dengan harga yang lebih murah.

Tapi, Tentu saja untuk membuat alat seperti itu memang cukup sulit untuk orang awam seperti kita. Mungkin kita bisa membeli yang langsung jadi. Tapi, karena Wajan Bolic ini tidak didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia. Jadi, bagi kalian yang tinggal di daerah yang tidak terdapat penjual Wajan Bolic. Kalian bisa menggunakan trik yang lebih sederhana dengan tutup panci atau wajan di rumah kalian masing-masing.

Sebenarnya caranya bisa sangat sederhana yaitu, modemnya langsung saja di letakkan di dalam wajan. Tapi, kalau mau hasil yang lebih maksimal dengan cara yang masih sederhana. Coba trik yang saya lakukan berikut ini.

INTI POSTINGAN:

Intinya, bagaimana agar modem mendapatkan posisi dimana terdapat banyak sinyal.

Alat-alat yang diperlukan:

1. Modem.
2. Laptop/PC.
3. Kabel perpanjangan USB (saya rasa kabel ini sudah ada bersama modem ketika baru dibeli).

4. Tutup Panci Besar/wajan yang tebuat dari alumunium. (yang penting bentuknya seperti parabola).
5. Bantal (untuk tempat sanggahan tutup panci).
6. Ranting.
7. Karet gelang.
8. Kardus (hape) bekas (yang di isi pemberat seperti batu).

Menurut saya alat-alat di atas sudah tersedia di rumah anda.

Caranya:

1. Pertama Ikat Modem pada ujung ranting dengan menggunakan karet gelang. Lalu berdirikan ranting dengan cara menancapkannya pada kardus bekas (jadi, modem berada pada posisi yang lebih tinggi)

2. Lalu sambungkan Modem dengan Kabel Perpanjangan USB lalu colok pada Laptop/PC.

3. Lalu letakkan Tutup Panci—yang disanggah dengan bantal—berdekatan dengan modem (kira-kira 10cm sampai 20cm).

4. Nah di modem yang saya gunakan ada semacam lubang kecil (mungkin sinyal masuk ke lubang itu). Hadapkan lubang itu tepat di depan tutup panci. Lalu atur posisinya, sampai mendapat sinyal yang maksimal.

Agar tidak bingung, lihatlah gambar di bawah ini. Kira-kira beginilah jadinya nanti:


Dengan menggunakan trik di atas, kecepatan modem bisa meningkat hingga dua kali lipat bahkan lebih. Yaaa… mungkin cara di atas terlalu ribet untuk dilakukan. Tapi, saya rasa cara tersebut lebih sederhana dan masih bisa dipraktekkan dirumah bahkan dikamar masing-masing. Tanpa perlu membeli alat-alat atau bahan-bahan lain yang mungkin kita sendiri tidak tahu bagaimana bentuknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar